-->

Panduan Ngeblog untuk Pemula Yang Benar Supaya Tidak tersesat

Panduan ngeblogDalam pembahasan kali ini saya mau coba berbagi tips panduan cara membuat atau membangun sebuah website atau blog untuk pemula, sebelum memulai ke pokok pembicaraan,saya mau coba bercerita sedikit, mungkin sebagian orang yang di tanyakan sebelum kenal dengan dunia blogging sebenarnya blog itu apa sih?? Dan pastinya pertanyaan itu muncul dalam diri kita yang baru denger kata blog. 

" Blog itu apa sih??? 

Seperti hal nya saya waktu pertama sebelum mengenal blog pertanyaan itu terbenak di pikiran saya, dan hingga pada akhirnya setelah saya pelajari dan baca baca di internet saya paham dan saya mengerti apa itu blog. Blog itu ternyata sebuah website yang menyediakan konten konten artikel bermanfaat yang sering kita cari googling di internet. 


Panduan Ngeblog untuk Pemula Yang Benar Supaya Tidak tersesat



" Baru tau ya blog itu apa??? Kemane aje selama ini broo... Tiap hari hanya pengguna doank di internet?? Kali kali donk jadi penerbit ?? 
"Tiap hari main internet tapi tidak tau blog???yang lu cari di internet selama ini apa donk???
Hahahaha... 

Nah dari penggalan cerita pengalaman saya pribadi di atas mungkin anda sudah tau Blog itu apa. Sekarang anda hanya tinggal memilih mau jadi pengguna internet atau penerbit di internet. 

"terus kalo jadi penerbit keuntungan nya apa broo???? 

"dapet pahala bro.. Karena memberi sesuatu informasi yang bermanfaat untuk pengunjung. 

"oh gitu ya broo... Terus selain dapet pahala dapet apalagi????? 

"dapet duit lah.. 

"emang bisa bro??? 

"bisa lah.... 

"caranya bagaimana broo..?? 

"kasih tau ga yaaaa.. Hehhe... 

Blog atau website bisa menghasilkan uang dengan cara penerbit artikel yang di publish di internet terus bekerja sama dengan perusahaan pengiklan yang nantinya kita taruh iklan dari perusahaan tersebut ke situs Web kita, dengan sistem pembayaran PPC (Pay Per Clik) jadi kita akan di bayar dimana kalo ada pengunjung ke situs Web kita dan mengklik iklan tersebut. 

Berikut adalah contoh contoh perusahaan pengiklan yang cukup populer di kalangan bisnis Internet marketing sekarang :
 1. Google adsense 
 2. Chitika
 3. Kliksaya (lokal) 
 4. Bitcoin
 5. Media.net
 6. Dan masih banyak yang lainnya 

Untuk perusahaan pengiklan yang sekarang saya kerjakan sekarang yaitu melalui Google adsense, karena penghasilan nya yang lumayan menurut saya dan Google adsense ini merupakan primadona bagi para publisher, dan cara mendaftar untuk menjadi seorang publisher nya pun lumayan sulit untuk di diterima nya. Mungkin anda mau coba "baca tips cara mendaftar google adsense full approve ala saya.

"terus sekarang gewe harus mulai dari mana donk broo biar bisa dapet duit dari blog ??? 

"broo bro... belum apa-apa udah mikirin duit.... Hedehhhh... 



Panduan Ngeblog untuk Pemula Yang Benar Supaya Tidak tersesat


Nih ya ane kasih saran bro sebelum mulai dunia bloging beberapa saran ane yang harus ente perhatikan.

langkah untuk memulai ngeblog :

1.Tujuan

Tujuan ngeblog yang pertama yang harus di perhatikan yaitu jangan dulu berambisi untuk cepet cepet pengen dapat uang dari blog, dan untuk saran saja yang harus di perhatikan yang pertama yaitu gimana caranya buat artikel yang bagus yang bermanfaat dan sering banyak di cari pengguna di internet, dan yang paling penting intinya jangan dulu mikirin uang. Karena perjalanan anda masih jauh dan masih panjang untuk bisa ke tujuan tersebut.

2. Memilih nice(topik pembahasan)

Pilih lah tema yang sesuai dengan skil yang anda miliki, atau keahlian yang anda miliki maka saya jamin jika anda membuat web dengan tema pembahasan yang sesuai skill yang anda punya maka saya jamin ide ide yang keluar tuh akan mengalir untuk membuat beberapa artikel tersebut. Dan untuk kualitas Web anda pun akan bagus dan akan menjaring pengunjung yang loyal terhadap situs web anda. Jangan seperti saya awal pertama membuat blog tema nya gado gado (membahas berbagai topik) ada resep masakan lah, kesehatan lah, berita lah. Untuk tema acak2an seperti itu sangat sulit untuk menaikkan sebuah peringkat Web kita di mata Google. Karena kita sama saja bersaing sama semua master yang membahas topik topik tersebut. Jadi sebaiknya nya anda membuat blog dengan satu topik saja.

3. Memilih platform layanan Blog

untuk sekarang layanan blog yang tersedia sudah banyak anda cukup mencari nya di pencarian Google. Contoh layanan blog saat ini tersedia di WordPress. Com, blogger. Com, hipwee, tumblr, dan joomla. Masing-masing layanan blog tersebut pastinya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Menurut saya sendiri sih untuk belajar ngeblog di sarankan pakai layanan Blogger karena selain layanan nya yang gratis juga menurut saya lebih mudah dan juga full akses, saya sendiri memakai layanan Blogger tersebut.

 "Untuk tutorial membuat blog di bloger silahkan baca Cara membuat blog atau website gratis di blogspot


4. Memilih tampilan blog (template) 

Jika anda sudah memilih layanan blog sekarang anda percantik dulu tampilan blog tersebut dengan menggunakan template yang bagus yang sesuai dengan keinginan anda,yang intinya bikin dulu tampilan nya semenarik mungkin, dan jangan sampai anda merubah rubah tampilan blog di saat anda sudah mulai berjalan membuat artikel, apalagi kalo artikel sudah banyak. Karena akan berdampak buruk pada peringkat serp artikel anda, dan akan mempersulit Google dalam merayapi Web tersebut. 

5. Mulai membuat konten (artikel)

Mulailah menulis dengan membuat artikel yang berkualitas dengan memperhatikan isi dari pembahasan tersebut, gunakan kata kata eyd yang benar di sertai pembahasan yang menjurus ke judul artikel kita di tiap paragraf. 

Setelah anda membuat blog dan sudah terisi dengan beberapa konten(artikel) yang sudah di buat dan di publikasi kan, anda harus perhatikan beberapa kesalahan seorang blogger pemula yang wajib anda ketahui . Jangan sampai anda melakukan nya kesalahan tersebut :

Kesalahan para blogger pemula yang sering terjadi :

1.)  Sering gonta ganti template 

Pertama membuat blog pasti anda yang pertama dipikirkan adalah tampilan, dan memang tidak bisa dipungkiri kalo tampilan itu emang lebih penting. Tapi kalo blog anda sudah dalam perjalanan untuk mulai maju dan konten kita sudah banyak, gonta ganti template ini justru malah berdampak buruk pada proses kita untuk membangun posisi serp kita di google. Ibaratnya begini Google tuh sudah tau kalo orang yang berwarna baju ijo itu, dengan karakter itu tuh si udin, terus si udin tuh ganti baju pakai warna Pink. Nah mungkin anda bisa menjabarkan nya demikian. Jadi Google butuh pengenalan lagi terhadap situs web kita yang sering gonta ganti template. Jadi jangan sampai anda seperti si udin....... Eh seperti itu hehehe..
BACA JUGA : Cara mengganti template blog yang baik dan benar
Yang intinya lihat aja di pembahasan saya yang diatas, sebelum membuat konten (artikel) percantik dulu tampilan nya agar nanti nya tidak terjadi mengganti ganti template lagi

2.) Tidak konsisten update artikel 

Pertama membuat blog tiap hari rajin banget buat artikel, sampai sampai sehari bisa dapat 2 - 3 artikel. Makin kesini berkurang 1 per hari, trus lama kelamaan jadi seminggu 1 kali. Perlu kita ketahui kalau Google itu butuh konsistensi untuk menarik perhatian mbah google ini. Jika kita tidak konsisten Google mungkin mengenal situs kita cuma sekilas saja. Sedangkan Blogger se dunia itu jumlah nya jutaan.

Jadi Google akan lebih kenal dengan situs Web yang sering konsisten membuat postingan artikel tersebut. Intinya Google butuh konsisten dan keteraturan kita dalam membuat suatu konten artikel tersebut, logika nya di dalam suatu pekerjaan dalam bekerja di perusahaan, perusahaan tersebut pun butuh beberapa karyawan yang kerjanya bagus, rajin dan konsisten. Jadi atasan pihak managger perusahaan tempat kita kerja pun akan lebih kenal dengan kita yang rajin, kerjanya bagus, serta konsisten dalam bekerja. Ya jadi intinya begitu kalo di jabarkan dalam kegiatan kehidupan sehari hari. 

3.) Terlalu sering melihat statistik trafik blog

Sebagai Blogger pemula pasti tiap hari yang dilihat trafik terus, dan biasanya yang dilihat tak hanya sekali sampai 2 kali bahkan nyampai berkali-kali. Pengalaman saya juga begitu hehe...... Dan dampak nya karena melihat trafik tak kunjung banyak, semangat untuk membuat artikel pun jadi down duluan karena melihat trafik yang begitu amat sedikit. Maka di sarankan menurut saya coba tips saya yang atas ini coba anda terapkan, dengan fokus membuat artikel dulu yang bagus dan berkualitas, jangan fikirkan trafik dulu tetapi buat dulu artikel yang bagus yang bermanfaat untuk pembaca. 

4.) terlalu berambisi untuk mendapatkan uang secara cepat(instan)

Butuh kesabaran untuk menjadi kan seseorang menjadi sukses, bahkan butuh perjuangan pula untuk menuju kesuksesan tersebut. Setiap orang yang sudah sukses pasti awal pertama membangun kesuksesan nya membutuhkan perjuangan yang sangat melelahkan. Sama halnya dalam dunia bisnis blogging, ga ada ceritanya nya seseorang yang sukses secara instan. Logika nya jaman sekarang ibaratnya mana ada bayi yang baru lahir jadi juara lari marathon sedunia. Yang pasti nya kan berangsur angsur bertahap, dari mulai merayap, merangkak, bisa jalan, dewasa, jadi atlet dan sukses jadi juara marathon. Sama halnya seperti bisnis bloging, semua ada tahap tahap nya untuk mencapai kesuksesan tersebut.


Panduan Ngeblog untuk Pemula Yang Benar Supaya Tidak tersesat


Setelah anda tahu beberapa kesalahan blogger pemula, dan update artikel yang konsisten untuk langkah selanjutnya yang harus anda lakukan yaitu dengan bagaimana caranya supaya artikel kita banyak yang lihat dan membacanya. Disini lah kita mulai belajar dengan berbagai macam teknik dan istilah istilah dalam dunia blogging untuk meningkatkan trafik  dan menjadi Web dengan ranking terbaik di google. Dan impian untuk menjadi seorang yang sukses dalam bisnis onlen nya yakni dunia blogging .

Inilah istilah istilah yang pasti akan anda temukan dalam dunia blogging :

1. SEO (search engine optimization) 

dalam dunia blogging istilah seo ini yang sering di cari dan di pelajari oleh seorang blogging untuk membuat menjadi website nya punya trafik yang banyak dan ranking yang baik di google . Maka tidak heran jika seseorang bisa kebingungan dalam mempelajari ilmu seo ini, sampai sampai ada beberapa jasa penawaran seo tentunya ahli dalam optimasi untuk menaikkan sebuah peringkat website tersebut, dan yang pastinya jasa penawaran seo itu pun biasanya berbayar tidak gratis.

"sebenarnya seo itu sendiri apa sih broo????

Seo itu sendiri merupakan suatu optimasi yang kita bangun dalam suatu website untuk mencapai tujuan yakni mempunyai peringkat rangking bagus di google pencarian dan menjadi kan website kita disarankan oleh Google sama pembaca yang mencari suatu informasi yang di cari nya di internet.
Untuk optimasi seo itu sendiri ada 2 cara yakni optimasi seo one page dan optimasi seo off page. 

"waduh apalagi itu broo ane kaga tau???? 

"biar lebih jelasnya udah deh entar ente baca nya di sini untuk optimasi seo one page dan of page, ga kelar kelar dong gewe ngebahas pembahasan nya.

"intinya sekarang gini jha bro,lu fokus aja bikin artikel yang unik menarik agar bisa maju,jangan terperangkap sampai tersesat oleh seo itu sendiri karena banyak para bloger itu yang turun semangat ngeblog bahkan tidak mencapai sukses nya karena terlalu memikirkan seo ,mempelajari boleh asal jangan terlalu terbawa lebih dalam ,banyak para master yang membahas akan seo bertebaran di internet "tapi ingat" jangan di telan bulat bulat informasi tersebut pelajarin dulu,terus fikirkan pakai logika, karena tidak semuanya informasi tersebut benar 100% akan tetapi para master blogging memberi informasi tersebut kepada kita agar kita dituntut untuk belajar lebih giat lagi.

2. Blogwalking 

Blogwalking juga sering ada dalam istilah dunia blogging,...
" waduh blogwalking, istilah apalagi ini broo ane nte nyahoo?????

"borokokok siah masa ente kaga tau..
Blogwalking itu broo,

kunjungan terhadap situs atau Web orang lain yang sering ente lakukan tiap hari dalam mencari informasi di internet, dan kita meninggalkan komentar tersebut dengan menanyakan sesuatu dalam pembahasan nya yang ente tidak paham. Dan blogwalking itu sendiri sangat berpengaruh terhadap seo untuk website kita karena akan memberikan backlink kepada situs kita.

"oh gitu ya broo, maaf gewe ga tahu hehe....

"Nah sekarang ente tahu, tinggal praktek kan sendiri

3. Backlink 

Backlink dalam dunia blogging merupakan salah satu cara juga untuk meningkatkan seo terhadap website kita, maka tak heran banyak blogger yang berburu backlink. Sebenarnya backlink itu tidak harus di buru akan tetapi backlink itu akan datang dengan sendirinya jika artikel kita bagus dan bagus dalam artian artikel kita dalam pembahasan nya sangat lengkap, sanggup mengatasi masalah dan tentunya akan sangat bermanfaat untuk pembaca.

Yang nantinya jika seorang pembaca/pengguna internet itu puas dengan pembahasan kita maka link artikel kita akan menjadi referensi untuk orang lain yang membutuhkan informasi tersebut.
"sebenarnya backlink sendiri itu apa sih????

"untuk mengetahui backlink itu sendiri apa silahkan anda baca artikel di pencarian karena banyak yang sudah membahasnya.

Mungkin penjelasan saya cukup disini untuk panduan ngeblog yang benar agar tidak tersesat dalam seo, mudah mudahan bisa anda mengerti untuk materi pembahasan nya. Jikalau ada yang kurang di mengerti silahkan anda tanyakan kepada saya pada kolom komentar yang sudah saya sediakan di bawah. Jika dirasa artikel saya cukup memuaskan untuk anda silahkan share bagikan ke teman anda yang lagi membutuhkan panduan untuk belajar ngeblog.

Kesimpulan nya :

"tidak ada orang yang bodoh di dunia, semuanya pintar kecuali orang yang malas belajar dan membaca. Dan tentunya jangan malu untuk bertanya karena malas bertanya akan sesat dijalan, jangan pula takut dibilang bodoh karena banyak nanya,karena orang yang banyak nanya nantinya kita dapat ilmu.  justru orang yang jarang bertanya merasa lebih pintar dan sangat gengsi untuk bertanya yang akan ketinggalan dalam mencari ilmu. 
Klik disini untuk membuka komentar

8 comments

Ka, punya LINE? Kalau punya gabung yuk di Line Square Forum Blogger ID. Nih linknya https://line.me/ti/g2/EJQYR1P3VF
Kali aja bisa saling sharing ilmu...

Balas

punya mas cari aja nama saya ajanglee pasti ada....

Balas

gimana sih min agar topik yang kita tulis dapat berkualitas?

Balas

gimn sih min agar artikel yang kita tulis berkualitas, ?
trus apa harus ya min sehari buat artikael 1 smpe 2 kali?

Balas

Berkualitas atau tidak nya tergantung dari cara kita dalam penyampaian dan penulisan nya.... Apakah tulisan kita dapat difahami dan dimengerti oleh pembaca

Balas

Di dalam membangun sebuah website.... Sama hal nya kita seperti membangun sebuah rumah... Jika website kita ingin sukses mendapat ribuan pengunjung.. Harus diawali dengan membuat pondasi seperti hal nya membuat rumah... Dalam Web sendiri membuat pondasi dalam artian kita harus rajin menulis artikel untuk memperkokoh pondasi Web kita

Balas


Info Menarik Buat Para Master Seo
Telah Diadakan Kontes Seo 20 Februari 2018
Total Hadiah : Rp. 30.000.000 untuk 20 orang pemenang

Pendaftaran dimulai pada Tanggal 20 Februari 2018
Pendaftaran berakhir pada Tanggal 20 Mei 2018
Pemenang akan diumumkan pada Tanggal 5 Juni 2018
Hadiah akan dibagikan pada 6 Juni 2018

untuk informasi syarat & Ketentuan Silahkan kunjungi :
Kontes Seo ituCasino 2018

INFO KONTES :
BBM : d620bad1 | Line : ituCasino | WeChat : ituCasino57 | WhatsApp: +85517337630

Balas

tambang teruuuuuuuuusss harga bitcoin makin naik :v

Balas

"tidak ada orang yang bodoh di dunia, semuanya pintar kecuali orang yang malas belajar dan membaca. Dan tentunya jangan malu untuk bertanya karena malas bertanya akan sesat dijalan, jangan pula takut dibilang bodoh karena banyak nanya,karena orang yang banyak nanya nantinya kita dapat ilmu.  justru orang yang jarang bertanya merasa lebih pintar dan sangat gengsi untuk bertanya yang akan ketinggalan dalam mencari ilmu"

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel

SUBSCRIBE OUR NEWSLETTER